Kamis, 07 Februari 2013

Oshi

"Apa itu oshi ?", saya akan membahas masalah ini sekarang, buat yang sudah ngikutin JKT48 dan 48family lainnya pasti sudah tidak asing dengan istilah ini. Namun, saya akan bahas ini untuk yang baru-baru ngefans sama JKT48 ataupun 48family lainnya, agar mereka tahu.

               Oshi itu adalah member favourite kita di JKT48 maupun 48family lainnya, namun member favourite di sini bukan seperti fav member (sebutan yang lainnya) prioritas oshi lebih tinggi dari fav member. Setiap fans seharusnya hanya mempunyai oshi, namun beberapa fans ada yang memiliki oshi
lebih dari 1 (Bukan Saya). Mereka menambah oshi, atau istilahnya oshiadd. Selain fenomena mempunyai oshi lebih dari 1, ada juga fenomena pindah oshi atau lebih dikenal dengan oshihen. Fenomena oshihen sangat marak ketika ada audisi generasi baru, biasanya terjadi oshihen masal pada saat itu, fenomena oshihen juga bisa terjadi ketika hati sudah tidak bisa diajak kompromi, atau suka dengan member yang lain, selain itu fenomena ini juga bisa terjadi kepada orang yang baru pertama kali ke theater (Untung Saya Enggak). Fenomena ini terjadi ketika mereka bertemu member lain secara langsung atau berhadap-hadapan, biasanya hati mereka menjadi goyah karena melihat wajah asli member yang lain. Menurut saya oshihen adalah fenomena yang wajar (Jangan Tanya Mengapa).
Ada beberapa tanda-tanda orang yang akan oshihen :
  1. Biasanya orang yang akan oshihen dia sering melirik ke member lain
  2. Mengganti walpaper hp, DP BBM, Ava Twitter, dll yang dapat dipersonalisasi dengan foto member lain
  3. Senyum-senyum saat melihat member lain
  4. Membeli photopack member lain
Ciri-ciri diatas merupakan ciri-ciri yang wajar atau mainstream, yang tidak wajar biasanya mereka akan lebih ekspresif seperti contohnya mereka akan teriak-teriak saat melihat member lain, ciri ini sangat ekstrim, dan tidak semua fans melakukannya.
               Nah, setelah tau apa itu oshi dan istilah yang berhubungan dengan oshi, selanjutnya saya akan jelaskan bagaimana ekspresi fans yang melihat oshinya, baik secara langsung maupun tidak langsung (Di Televisi). Sebenarnya ini masih dibagi lagi menjadi 2, yaitu bagi Fans Zombie dan Fans Elegant
Ekspresi saat melihat oshi secara langsung :
Fans Zombie :
  1. Memanggil nama oshi mereka keras-keras
  2. Berubah menjadi ganas
  3. Mengikuti kemanapun oshi mereka pergi
Fans Elegant :
  1. Hanya tersenyum
  2. Dadah-dadah
  3. Menyapa dengan sopan
Melihat oshi secara tidak langsung :
Fans Zombie :
  1. Teriak-teriak
  2. Banting TV
  3. Nyiumin TV
  4. Kejang-kejang
  5. Pingsan
Fans Elegant :
  1. Melihat dengan seksama
  2. Senyum
  3. Berkata seperlunya
                    Nah, itulah sekiranya yang dapat saya jelaskan, intinya si oshi itu adalah member yang kita sayangi sama seperti pacar kita, malah kadang lebih dari pacar kita. Menurut saya sih, kalau kita bingung memilih oshi, kita boleh saja tidak memilihnya, tapi tanpa oshi, dunia idoling tidak akan indah :D hehe.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar